Strategi Percepatan Pelayanan Publik, Kab. Bulungan Implementasikan Tanda Tangan Elektronik

Dalam rangka percepatan pelayanan publik Pemkab Bulungan melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Pada Sistem Elektronik di Lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Bulungan.

Kegiatan penandatangan PKS dilaksanakan secara daring melalui aplikasi SIMANTAPS (Sistem Informasi Monitoring Layanan Sertifikat Elektronik). Pihak yang menandatangani PKS ini adalah H. Moch. Zulkifli selaku Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Bulungan dan Rinaldy sebagai Kepala BSrE Badan Siber dan Sandi Negara. Masa berlaku Perjanjian Kerja Sama ini selama empat tahun mulai dari tahun 2020 hingga 2024 mendatang. Menurut Kadis Kominfo, Kabupaten Bulungan merupakan kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Utara yang menerapkan penggunaan layanan sertifikat elektronik.

Perjanjian Kerja Sama ini merupakan runtutan kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten Bulungan dalam penerapan sertifikat elektronik. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bulungan telah melakukan beberapa tahap mulai dari sosialiasi, konsultasi, proses assessment, integrasi sistem dan PKS ini merupakan tahap finalisasi sebelum penerapan sertifikat digital di aplikasi SINATAMA online MILIK DPMPTSP Kabupaten Bulungan dan tidak menutup kemungkinan pengunaannya untuk aplikasi lainnya serta mendukung penggunaan pada kegiatan administrasi  dan non administrasi lainnya di Pemerintah Daerah Kabupaten Bulungan guna solusi penunjang pelaksanaan kegiatan perkantoran.

Apalagi dalam masa tanggap darurat pandemi Covid-19 ini suatu institusi/organisasi bisa tetap produktif dan berkinerja karena proses pengambilan keputusan, pendelegasian tugas, pelaksanaan layanan dan sistem informasi publik dan pemerintahan bisa tetap berjalan dengan efektif dan efisien.

Dengan PKS ini Pemerintah Kabupaten Bulungan dapat memanfaatkan produk dari BSrE yaitu Sertifikat Elektronik. Manfaat yang diperoleh dari sertifikat elektronik ini ada empat yaitu Confidentiality, Non-Repudiation, Integrity, dan Authenticity. Diharapkan dengan adanya PKS ini pemanfaatan sertifikat elektronik di Kabupaten Bulungan dapat berjalan dengan aman. Itu sesuai dengan salah satu manfaat sertifikat elektronik yaitu Non-Repudiation atau memastikan bahwa pihak yang mengirimkan/membuat infromasi elektronik tidak dapat menyangkal karena dapat langsung dibuktikan waktu penandatanganan serta dapat menyangkal pemalsuan dari suatu keutuhan data.(Pemkab Bulungan)