Dinas Kominfo Laksanakan Bimtek Aplikasi Perkantoran Maya

Pemkab Bulungan melalui Dinas Kominfo menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi Perkantoran Maya (SiMaya) yang diikuti bagian Tata Usaha dan Sekretariat masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. Bimtek yang berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan pada Rabu pagi (3/10) tersebut bertujuan meningkatkan efektifitas dan efisiensi administrasi perkantoran.

Kepala Dinas Kominfo Bulungan, H Moch Zulkifli, SE, M.Si mengungkapkan, sistem aplikasi perkantoran maya tersebut merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 tahun 2011 tentang Tata Naskah Dinas Elektronik atau TNDE di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Manfaat dan tujuan penggunaan simaya ini tentu saja dalam rangka efektifitas dan efisiensi administrasi perkantoran, meningkatkan koordinasi dan keterhubungan antar instansi pemerintah, pengendalian surat keluar, surat masuk serta tata naskah dinas,” urainya. Bupati Bulungan dalam sambutannya diwakili Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Ir. Hamdani, SH, M.Si mengungkapkan, sebagai gambaran atau contoh sederhana, surat, dokumen atau berkas fisik pada organisasi perangkat daerah, melalui aplikasi simaya saat ini dapat disimpan secara elektronik atau digital serta diakses secara online. Disebutkan, hal tersebut secara terpisah sudah mulai dilaksanakan di beberapa unit kerja daerah, yaitu dengan menscan atau memindai dokumen fisik untuk kemudian disimpan dalam bentuk file atau dokumen digital.

“Maka melalui aplikasi simaya, kita harapkan berbagai dokumen digital organisasi perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Bulungan tersebut dapat terintegrasi serta terdokumentasi dengan baik,” ucapnya. Dipesankan kepada peserta sosialisasi dan bimtek,  dari bagian tata usaha dan sekretariat masing-masing opd, untuk mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Sebab berbagai dokumen dan berkas yang dikerjakan nantinya akan terintegrasi secara digital dalam satu sistem yaitu Simaya.

“Kelengkapan dokumen digital yang Bapak Ibu kerjakan nantinya menjadi gambaran dokumentasi berkas digital Pemerintah Kabupaten Bulungan secara umum,” tandasnya. Diingatkan, hal lain yang tak kalah penting bahwa di era digital berupa kemajuan teknologi sekarang ini membuat semua hal menjadi terlihat lebih mudah namun juga dapat menjadi sebuah ancaman. Maka aparatur pemerintah harus senantiasa waspada dan meningkatkan keamanan terhadap serangan siber.

“Lengkapilah komputer kerja yang kita gunakan dengan aplikasi-aplikasi yang resmi, bukan bajakan serta dilindungi oleh antivirus. perhatikan pula pembaruan atau update sistem operasi komputer yang kita gunakan agar tidak direntan untuk ditembus pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,” urainya. Dilanjutkan, bila diperlukan, gunakan enkripsi yaitu pengamanan atau perlindungan berupa password untuk dokumen-dokumen pemerintah yang penting yang sifatnya rahasia negara dan bukan informasi publik.