Cegah Hoax, Diskominfo Bulungan Luncurkan Benuanta Interaktif

Pemkab Bulungan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) terus aktif bergerilya melakukan antisipasi dan pencegahan berbagai informasi hoax atau tidak benar. Baik melalui media sosial maupun bekerjasama dengan berbagai lembaga yang ada di Bulungan. Setelah sebelumnya menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan Polres Bulungan, belum lama ini Diskominfo kembali melakukan hal serupa dengan Dewan Pendidikan Bulungan.

Salah satu program Diskominfo yang saat ini diupaykan adalah program benuanta interaktif sebagai sarana menyampaikan informasi terkait perkembangan Bulungan. “Ini masih dalam rangka antisipasi penyebaran berita hoax, kita berharap semua eleman dan lembaga serta masyarakat mampu mencegah dan cerdas menerima informasi yang beredar terutama dimedia sosial,” ujar ujar Kasi Pelayanan Informasi Publik dan Hubungan Media pada Diskominfo Bulungan Sylvia.


Menurutnya, Dewan Pendidikan juga berperan, salah satunya menyampaikan informasi terkait bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang kadang kala sering simpang siur. Sehingga diharapkan bisa memberikan informasi yang akurat, dan mereka yang membutuhkan tidak bertanya-tanya atau malah mendapatkan informasi yang belum tentu kebenarannya. “Tujuan utamanya lagi-lagi untuk menangkal hoax itu,” jelas Vivi–sapaan akrabnya.

Dalam pertemuan itu juga, lanjut dia, sekaligus membahas pembentukan dan penerapan program benuanta interaktif dalam mengatasi penyebaran hoax (berita bohong/sampah) salah satunya di media sosial.
“Alhamdulillah, Dewan Pendidikan juga mendukung program kita ini. Terutama untuk informasi beasiswa dan beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan dewan pendidikan,” katanya.

Ditegaskannya, komitmen bersama Pemkab Bulungan maupun Dewan Pendidikan Bulungan dalam mencegah penyebaran hoax harus disinergikan. Dan selanjutnya pembentukan benuanta interaktif tak hanya sebatas komunikasi awal saja tetapi juga akan ditindak lanjuti dalam pertemuan berikutnya. ***