Diskominfo Tangani LPSE

Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) penyelenggara pengadaan barang/jasa pemerintah tahun ini akan ditangani Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bulungan. Sebelumnya, LPSE menjadi kewenangan Bagian Pembangunan di Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan. 

Namun, Diskominfo saat ini belum memiliki data pengadaan barang maupun jasa. Kepala Diskominfo Bulungan Zulkifli Salim, mengatakan setelah sejumlah data masuk di dinasnya, tahap berikutnya akan dipublikasi melalui LPSE. Untuk admin saat ini masih dipegang Bagian Pembangunan Pemkab Bulungan.

“Dengan data yang ada nantinya, bisa diketahui proyek-proyek yang dibangun di Bulungan. Termasuk berbagai kebutuhan instansi pemerintah perlu diketahui publik,” terang Zulkifli usai melakukan pertemuan dengan sejumah media massa, kemarin (16/1).

Diakuinya, data yang nanti diberikan masih dalam proses. Dengan adanya data, maka bisa diketahui pengadaan yang dilakukan sistem lelang, pengadaan langsung maupun penunjukkan langsung (PL). Namun, untuk proyek pembangunan tahun ini diprediksi mengalami penurunan dikarenakan terbentur minimnya anggaran yang tersedia.

Bahkan berdasarkan informasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bulungan, anggaran untuk program multiyears diperkirakan hanya sekitar Rp 200 miliar.

“Diprediksi jumlah pengadaan barang maupun jasa tahun ini berkurang karena kondisi keuangan. Defisit anggaran tidak hanya di Bulungan, tapi terjadi di beberapa daerah lainnya,” ungkapnya.

Selain menangani LPSE, Diskominfo berupaya melakukan pembenahan dan perbaikan menyangkut pengadaan media center. Zulkifli menilai ruangan media center yang tersedia saat ini belum representatif. Dibutuhkan ruangan yang memadai untuk menopang kinerja Diskominfo.

Menurut Zulkilfi, adanya media center itu juga diperuntukkan bagi sejumlah awak media. “Fasilitas komputer yang tersedia saat ini ada 7 unit yang merupakan pemberian Kementerian Kominfo. Kita ada rencana untuk media center menggunakan bekas gedung BKD Bulungan,” tandasnya.